Wednesday 7 May 2014

Bahaya Sinaran UV pada kulit

 Sinar matahari memberi efek negative pada kulit kita? Kulit terbakar kerana sinar matahari . Efek secara langsungnya kulit akan terlihat lebih gelap dan kusam, kemudian  diikuti dengan timbulnya flek. Nah, salah satu cara  untuk mencegah timbulnya flek akibat terdedah pada sinar matahari adalah dengan menggunakan sunblock pada wajah secara teratur. Kenapa? Kerana ternyata timbulnya bintik hitam atau biasa disebut jeragat  pada wajah adalah salah satu masalah yang sering dihadapi perempuan Asia berusia di atas 30 tahun dan umumnya muncul akibat paparan sinar matahari secara langsung.

Bagaimana dengan sinar matahari yang katanya sehat untuk kulit kita? Sinar matahari yang sehat untuk kulit kita ternyata hanya sampai jam 8 pagi , selebihnya sinar matahari akan menyebabkan efek negatif seperti disebutkan di atas. Tidak hanya itu, sinar UV juga boleh mengakibatkan kancer kulit bernama melanoma. Untuk itu penting menggunakan sunblock terutama sekali yang beraktiviti diluar, atau di dalam ruangan sekalipun, kerana sinar UV mampu menembus dalam ruangan sekalipun.

Bagaimana dengan arti label yang ada pada botol sunscreen? / Sunblock  dengan SPF25 bisa melindungi selama 150 menit. Dalam memilih sunblock pilihlah yang mengandung vitamin karena juga merupakan antioksidan yang memiliki fungsi untuk mencegah pengelupasan kulit akibat “terpanggang” sinar matahari.
Jika memakai sunblock jangan lupa untuk memakainya kembali setelah beberapa jam pemakaian sesuai dengan jumlah SPF dan tunggu 20-30 minit sebelum kulit terdedah langsung pada sinar matahari dan pilih krim yang dapat meresap dan bukan cream yang jenis  meleleh pada sinar matahari .


No comments:

Post a Comment